,

Aceh Timur dan DKLH Kembangkan Wisata Air Terjun Peunaron

IDI RAYEUK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur bersama Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Aceh, melakukan kerja sama pengelolaan sebagian hutan produksi di Kecamatan Peunaron Baru untuk pengembangan wisata air terjun.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Aceh, Ir Saminuddin B. Tou, M.Si menjelaskan, pengelolaan kawasan wisata air terjun Seurule di Peunaron Aceh Timur itu dilakukan antara DLHK Aceh dengan melibatkan kelompok tani bumi permata dengan areal seluas 980 hektar.

“Dengan kerja sama ini diharapkan air terjun Seurule yang alami dan sangat indah itu akan menjadi daerah tujuan wisata baru, yang ramai dikunjungai di wilayah timur Aceh,” harap Saminuddin.

Saminuddin melanjutkan, kelompok tani bumi permata tidak hanya akan memanfaatkan air terjun Seurule untuk wisata, tapi juga akan melindungi dan mengembangkan potensi hasil hutan bukan kayu yang ada di areal pengelolaannya, antara lain seperti jernang.

“Mereka akan didampingi dan dibina oleh DLHK Aceh melalui unit manajemen Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah III Aceh Timur,” jelas Saminuddin. [HK/rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *