,

Aceh Tenggara Kekurangan Alsitan

KUTACANE – Aceh Tenggara merupakan salah satu sentra pertanian di Aceh. Hampir 87 persen penduduknya bergantung hidup dari sektor pertanian, namun alat produksi tani (Alsitan) di daerah tersebut masih sangat kurang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara, Ramli Desky, Kamis, 2 Juni 2016 saat jedah sidang paripurna LKPJ Bupati di Gedung DPRK setempat. Menurutnya, kebutuhan alat produksi tani seperti hand traktor, mesin penggiling padi, dan mesin perontok jagung, masih sangat tinggi.

“Jumlah Alsitan yang ada sekarang tidak sebanding dengan luas lahan. Bayangkan saja, luas lahan tani kita ada sekitar 14 ribu Ha, sedangkan jumlah alat produksi tani yang ada di kelompok tani bisa dihitung dengan jari,” ungkapnya.

Ramli berharap agar Pemerintah Aceh bisa mengalokasikan bantuan alsitan ke Aceh Tenggara. “Selama ini bantuan dari Pemerintah Aceh yang ada hanya obat-obat hama penyakit tanaman, yang setiap tahun dianggarkan dari APBA Aceh. Maka kita minta agar kedepan dibantu alsitan,” harap Ramli.[RH]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *