,

Aceh Tengah Gagas Klinik Pendidikan

TAKENGON – Untuk membantu guru dalam mengembangjan metode-metode pembelajaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah menggagas pembentukan klinik pendidikan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs Khairul Asmara dalam rapat pemangku kepentingan di Aula Kantor Bupati Aceh Tengah, Rabu, 27 April 2017. “Selayaknya klinik kesehatan, guru juga membutuhkan klinik untuk membantunya jika ada permasalahan dalam memberikan pembelajaran dan meningkatkan kompetensi mereka. Klinik akan memberikan jalan keluar, seperti dokter memberikan resep,” gagas Khairul.

Gagasan itu digelontorkan agar 36 orang Fasilitator Daerah (Fasda) Aceh tengah yang telah dilatih oleh USAID Prioritas dapat melanjutkan pengabdiannya untuk peningkatan mutu pendidikan dalam klinik tersebut.  

“Banyak perubahan yang terlihat pada pembelajaran selain terampil dan melakukan inovasi baru. Pendidikan terus berkembang dan tidak akan tuntas walaupun banyak referensi yang kita baca karena manusia terus berkembang mengikuti dinamika yang ada dan tidak mau tertinggal,” katanya.

Kegiatan ini juga menampilkan demo media pembelajaran yang dilakukan oleh siswa SMPN 13 Takengon yang menampilkan bahayanya pencemaran air menggunakan deterjen, ikan dan gelas kimia. “Inilah yang terjadi jika air Danau Laut Tawar tercemar, salah satunya ikan akan mati dan berkurang,” jelas siswa tersebut.

Koordinator USAID Prioritas, Ridwan Ibrahim mengatakan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sudah berjalan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi dan dokumentasi praktik baik yang dikumpulkan dari sekolah mitra dan Fasda.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *