,

Aceh Selatan Naik Sembilan Peringkat Kelulusan UN

TAPAKTUAN – Siswa SMA sederajat di Kabupaten Aceh Selatan berhasil menduduki rangking tujuh kelulusan Ujian Nasional (UN) 2016 se-Aceh. Posisi tersebut mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan kelulusan UN tahun 2015 lalu yang berada di peringkat enam belas atau naik sembilan peringkat.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan, Drs Martunis mengatakan keberhasilan merebut posisi rangking tujuh se-Aceh tersebut, telah membuktikan bahwa tingkat mutu pendidikan di Aceh Selatan terus menunjukkan grafik peningkatan ke arah yang lebih baik sesuai harapan masyarakat.

“Alhamdulilah, pada tahun 2016 ini Aceh Selatan berhasil berada di peringkat tujuh se Aceh kelulusan UN tingkat SMA sederajat. Ini membuktikan bahwa tingkat mutu pendidikan kita terus membaik, prestasi ini perlu kita pertahankan dan bahkan harus terus ditingkatkan ke depannya,” kata Martunis, Minggu, 8 Mei 2016.

Menurut Martunis, keberhasilan Aceh Selatan berada di peringkat tujuh se Aceh tersebut tidak terlepas dari prestasi yang ditorehkan oleh beberapa sekolah yang mampu mengantarkan anak didiknya lulus 100 persen termasuk beberapa individu siswa yang berhasil memperoleh nilai UN masuk kategori 10 besar se Aceh.

“Sedikitnya ada lima orang siswa SMA sederajat Aceh Selatan yang mampu memperoleh nilai UN masuk 10 besar se Aceh. Sedangkan sekolah yang mampu meluluskan siswanya 100 persen hampir mayoritas terutama sekolah kejuruan. Apalagi kelulusan UN tahun ini ditentukan oleh pihak sekolah secara langsung. Para siswa yang tidak lulus UN mayoritasnya mereka yang tidak hadir saat proses UN berlangsung,” ujar Martunis.

Dia menyebutkan, sebanyak 5 orang siswa – siswi SMA sederajat asal Aceh Selatan yang masuk 10 besar tersebut masing-masing adalah Riski Apriliza dan Fela Arnad keduanya siswa dan siswi SMAN Unggul Tapaktuan masing-masing perolehan nilai UN nya berada di peringkat dua dan tujuh se Aceh. Kemudian Eka Parwati siswi SMAN 1 Kluet Timur berada di peringkat sembilan se Aceh serta Muhammad Ilham Ramadhan dan Al Mutdasir keduanya siswa MAN Unggul Tapaktuan berada di peringkat 8 dan 10 se Aceh.

Khusus terhadap SMKN 1 Tapaktuan yang merupakan satu-satunya sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Aceh Selatan tahun 2016, dari sebanyak 92 orang siswa – siswi peserta ujian, seluruhnya dinyatakan lulus.

Sejauh ini, pihak Dinas Pendidikan Aceh Selatan belum merilis data jumlah siswa SMA sederajat di daerah itu yang telah lulus UN tahun 2016 kemudian langsung menerima undangan khusus untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia.

“Kualitas atau mutu siswa yang telah lulus UN tersebut, selain dapat dilihat dari undangan khusus yang dilayangkan oleh PTN tertentu, juga dapat dilihat dari jumlah siswa yang mampu lulus pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) ternama di Indonesia,” pungkasnya. [HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *