,

Aceh Selatan Kirim Tim Medis  Bantu Korban Gempa Pidie Jaya

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan telah mengirim tim medis dan peralatan kesehatan untuk membantu para korban gempa bumi 6,5 Skala Richter (SR) di Kabupaten Pidie Jaya.

Tim medis yang berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah Yulidin Away (RSUD YA) Tapaktuan dan sejumlah dokter umum dari beberapa Puskesmas dibawah Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, diberangkatkan Rabu malam, 7 Desember 2016.

“Tim dipimpin langsung Direktur RSUD YA Tapaktuan, dr Faisal. Saat ini mereka telah berada di lokasi untuk membantu para korban,” kata Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, Kamis, 8 Desember 2016.
 
Selain mengirim tim medis, lanjut Bupati, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada para korban. Bantuan dana tersebut rencananya akan diantar langsung Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra bersama Sekretaris Daerah (Sekda) H Nasjuddin pada Sabtu, 10 Desember 2016.
 
“Karena yang sangat dibutuhkan para korban gempa sekarang ini adalah uang tunai maka kami memilih untuk menyalurkan langsung uang tunai kepada mereka. Sebab kalau untuk kebutuhan bahan makanan dan pakaian sudah banyak disalurkan dari pemerintah provinsi dan pusat,” ujar Bupati.
 
Sama Indra juga telah menginstruksikan para pegawai dan pejabat di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) untuk melakukan penggalangan dana secara sukarela dan ikhlas dari para pegawai di daerah itu. Selain dari pegawai, penggalangan dana juga dilakukan kepada para pengusaha dan kontraktor serta masyarakat umum se Aceh Selatan.
 
“Bantuan atas nama Pemkab Aceh Selatan sudah pasti sebesar Rp 100 juta. Jumlah itu belum termasuk dari hasil penggalangan dana secara sukarela dan ikhlas yang dilakukan kepada para pegawai, pejabat, pengusaha atau kontraktor serta masyarakat luas. Sehingga kami perkirakan jumlah bantuan dana yang terkumpul nanti dipastikan diatas Rp 100 juta,” sebutnya.
 
Sementara itu, Direktur RSUD YA Tapaktuan, dr Faisal menyebutkan, tim medis yang dikirim untuk membantu para korban Gempa Bumi di Kabupaten Pidie Jaya seluruhnya berjumlah 10 orang. Terdiri dari dokter spesialis bedah, spesialis anestesi masing-masing satu orang, perawat kamar operasi 3 orang, perawat ICU 1 orang, perawat UGD 2 orang, apoteker 1 orang, dokter umum mewakili Ikatan Dokter Indonesia (IDI) satu orang dan mobil ambulance berikut sopirnya satu unit.
 
“Tim medis sebanyak 10 orang ini khusus dari RSUD YA Tapaktuan belum termasuk dari Puskesmas di bawah Dinas Kesehatan. Selain membawa satu unit mobil ambulance, kami juga turut serta membawa sejumlah peralatan kesehatan seperti alat operasi dan obat-obatan,” kata Faisal.

Faisal melanjutkan, pihaknya telah sampai ke lokasi dan telah mendirikan posko kesehatan di wilayah Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *