,

Aceh Selatan Kekurangan Guru PAUD dan TK

TAPAKTUAN – Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Pendidikan telah mendirikan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan 124 Taman Kanak-kanak (TK) di 260 desa dalam 18 kecamatan. Namun guru dan fasilitas pendukung belum memadai.

“Jumlah siswa usia dini mencapai 8.639 orang. Pendirian lembaga PAUD yang merata di setiap desa merupakan bagian dari keseriusan Pemkab Aceh Selatan ingin meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini yang dimulai dari lembaga pendidikan luar sekolah,” jelas Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Aceh Selatan, Suhainiwar di Tapaktuan, Kamis, 20 Oktober 2016.

Namun sayangnya, fasilitas gedung yang sudah dibangun itu masih belum disertai dengan sarana dan prasarana yang memadai termasuk minimnya ketersediaan tenaga pendidik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Mayoritas lembaga pendidikan anak usia dini tersebut mengalami kekurangan tenaga pendidik dan alat peraga untuk menunjang proses pendidikan terhadap mereka baik yang tersedia didalam ruangan belajar maupun di luar ruangan,” ungkapnya.

Hal itu diperparah dengan guru bhakti yang ada ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan, karena bidang ilmu yang dimiliki tidak sesuai dengan jurusan bidang study yang dibutuhkan.

Karena itu, pihaknya meminta kepada Pemkab Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh serta Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait agar memberikan perhatian serius untuk peningkatan kualitas dan kompetensi lembaga pendidikan anak usia dini di Aceh Selatan.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *