,

Aceh Selatan Darurat Kekerasan Seksual Terhadap Anak

TAPAKTUAN – Kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur semakin meningkat di Aceh Selatan. Dari delapan kasus pemerkosaan dan pencabulan yang ditangani polisi dalam tahun 2016, enam diantaranya menimpa anak di bawah umur, hanya dua kasus korbannya menimpa wanita berusia dewasa.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK melalui Kasat Reskrim, Iptu Darmawanto, S.Sos, Senin, 30 Mei 2016 menyebutkan, dari Januari hingga Mei 2016 pihaknya menangani enam kasus pencabulan dan persetubuhan terhadap anak di bawah umur. Dua kasus tindakan kejahatan seksual secara paksa (pemerkosaan).

“Kasus pemerkosaan di wilayah hukum Polres Aceh Selatan, korbannya menimpa wanita dewasa. Pencabulan dan persetubuhan sebanyak enam kasus terjadi pada anak-anak bahkan murid kelas satu sekolah dasar,” ungkap Darmawanto.

Darmawanto melanjutkan, antara pemerkosaan dengan pencabulan dan persetubuhan terjadi perbedaan signifikan pada proses tindakan. Pemerkosaan dilakukan secara paksa, sedangkan pencabulan dan persetubuhan diawali bujuk rayu dan iming-iming memberikan sesuatu benda.

Darmawanto merincikan, pada Januari 2016 dua kasus (pencabulan anak dan pemerkosaan wanita dewasa). Februari 2016 dua kasus (pencabulan Anak dan pemerkosaan dewasa). Maret 2016 dua kasus pencabulan anak, sementara bulan April tidak ada kasus (nihil). Menyusul Mei 2016 dua kasus pencabulan dan persetubuhan terhadap anak di bawah umur.

Dia berharap, dengan meningkatnya kasus pencabulan dan persetubuhan pada anak di bawah umur tersebut, semua pihak harus lebih waspada dan mengontrol putra-putrinya dengan baik, walaupun terhadap orang dikenal atau famili dekat sekalipun.

Sebab, mayoritas kasus kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur yang ditangani pihaknya, melibatkan pelaku yang tak lain merupakan tetangga korban dan bahkan masih memiliki hubungan persaudaraan.[HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *