,

Aceh Selatan dan Yogyakarta Kerjasama Pertukaran Kepala Sekolah

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta menggelar kerjasama pertukaran tempat tugas para kepala sekolah.

Kerjasama yang digagas sejak tahun 2015 lalu tersebut telah berlangsung sukses. Pada Desember 2015 lalu Pemprov Yogyakarta telah menerima sebanyak 12 orang Kepala Sekolah asal Aceh Selatan untuk melaksanakan proses belajar mengajar di sejumlah sekolah di daerah itu selama beberapa bulan.

Sebagai kelanjutan dari program tersebut, pada Senin, 17 Oktober 2016 Pemprov Yogyakarta juga telah mengirimkan sebanyak 10 orang kepala sekolah dari 12 orang yang direncanakan ke Aceh Selatan. Kedatangan para kepala sekolah tersebut disambut pihak Dinas Pendidikan Aceh Selatan dan langsung menempatkannya di sejumlah sekolah mulai tingkat SD hingga SMA.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan, Drs Martunis di Tapaktuan, Selasa, 18 OKtober 2016 mengatakan, kedatangan para kepala sekolah dari Yogjakarta tersebut merupakan kelanjutan dari program kemitraan pertukaran guru dan kepala sekolah yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Meskipun program ini digagas oleh Kemendikbud, namun tidak seluruh daerah di Indonesia yang mendapatkan kesempatan. Khusus Provinsi Aceh, hanya Kabupaten Aceh Selatan yang mendapatkannya. Dengan adanya program ini, kita harapkan para kepala sekolah yang telah ditugaskan dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuannya dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah ini,” papar Martunis.

Dia menyebutkan, sebanyak 12 kepala sekolah dari Kabupaten Aceh Selatan yang telah melaksanakan tugas kemitraan pertukaran guru dan kepsek di sejumlah sekolah di Yogyakarta pada Desember 2015 lalu, masing-masing adalah Kepsek SMAN 1 Meukek, SDN Silolo, SDN Kandang, SMPN 2 Kluet Utara, SMPN 3 Bakongan, SMK Swasta Trumon Timur, SDN 2 Labuhanhaji, SDN 2 Asahan Cut, SDN Bukit Gadeng, SDN 1 Alur Dua Mas, SDN 2 Ladang Rimba dan SDN 2 Keude Trumon. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *