,

Aceh Institute Learning Sosialisasi UU Perlindungan Anak

TEROPONGACEH.COM | BANDA ACEH – Untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak, Aceh Institute Learning bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, menggelar sosialisasi sosialisasi Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dan Undang-undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak, Senin, 15 Agustus 2016 di Aula Kampus STIKIP Getsempena, Banda Aceh.

Ketua Aceh Institute Learning, Musriadi Aswad menjelaskan, sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlindungan perempuan dan anak dari berbagai tindak kekerasan. Sosialisasi diikuti 200 peserta yang terdiri dari guru PAUD, TK dan SD di Banda Aceh.

“Kita berharap sosialisasi ini bisa memberi pemahaman kepada masyarakat tentang perlindungan anak, serta bisa menjadi pencegah atau antisipasi terhadap terjadinya kasus kekerasan kepada anak,” jelas Musriadi Aswad.

Acara yang berlangsung selama empat jam tersebut diisi oleh pemateri, staf ahli Komisi VIII DPR RI Adi Wicaksono, Wakil Wali Kota Banda Aceh H Zainal Arifin, Ketua LBH Anak Aceh Rudi Bastian, dan Ketua STIKIP Getsempena Lili Kasmini.

Adi Wicaksono menjelaskan, sosialisasi undang-undang tersebut harus dilakukan ke semua lapisan masyarakat dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat, pemerintah dan parktisi hukum.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin mengungkapkan, kasus kekerasa yang terjadi pada anak, mulai kekerasan psikis hingga kekerasan fisik, seperti pemerkosaan, penganiayaan dan lain sebagainya, bisa menimbulkan gangguan psikologi bagi korban, apalagi korbannya adalah anak-anak.

“Semua unsur lapisan masyarakat mulai dari pendidik di sekolah, masyarakat di lingkungan, harus segera mendapat pemahaman tentang undang-undang ini. Undang-undang ini harus menjadi benteng untuk mencegah terjadinya kekerasan bagi anak-anak,” harapnya. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *