,

Aceh Harus Implementasikan Undang-Undang Jaminan Produk Halal

BANDA ACEH – Aceh sebagai daerah yang bersyariat Islam diharapkan bisa mengimplementasikan secara maksimal Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Masyarakat muslim Aceh sebagai konsumen perlu dilindungi.

Hal itu disampaikan anggota Komisi VIII DPR-RI yang membidangi urusan sosial dan keagamaan, H Firmandez, Rabu, 14 Juni 2017. Menurut Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) ini, UU Nomor 33 2014 dapat memberikan kepastian hukum dan jaminan halal bagi konsumen.

“Apalagi di Banda Aceh sedang dikampanyekan wisata halal, jadi UU Nomor 33 tahun 2014 ini harus benar-benar diimplementasikan di Aceh, agar Aceh sebagai destinasi wisata Islami bisa segera terwujud,” harap H Firmandez.

Selain itu jelas H Firmandez, undang-undang tentang jaminan produk halal dibuat untuk menjamin ketersedian produk halal, serta menambahkan kesadaran mengenai pentingnya produk-produk yang halal.

“Agama Islam mewajibkan kita tentang sesuatu yang halal, jadi undang-undang ini merupakan ruh dari perintah agama untuk mengkonsumsi dan menggunakan sesuatu yang halal. Aceh sebagai negeri bersyariat harus mengimplementasikannya secara maksimal,” harap Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tersebut.

UU Nomor 33 Tahun 2014 mengatur beberapa pokok jaminan produk halal, antara lain menjamin kehalalan produk barang/jasa seperti makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetika, serta barang gunaan yang dipakai atau dimanfaatkan masyarakat.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama juga sudah membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Badan ini yang akan mengeluarkan sertifikat halal berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi, undang-undang ini juga sangat penting untuk mendukung pelaksanaan syariat Islam di Aceh,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *