,

Aceh Harus Gali Sumber Pendapatan Baru

REDELONG – Pemerintah Aceh diharapkan mampu menggali sumber pendapatan baru untuk penguatan ekonomi daerah. Diversifikasi ekonomi perlu dilakukan, berbagai potensi harus dioptimalkan.

Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez, Jumat, 14 Juli 2017 usai menghadiri pelantikan Bupati Bener Meriah, Ahmadi di Redelong.

“Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten/kota di Aceh harus mampu memberi nilai tambah pada industri yang sudah ada. Ini bisa dilakukan dengan cara membangun industri hilir sebagaimana diinginkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo dalam rapat koordinasi dengan pemerintah Aceh di istana negara tiga hari lalu,” jelas H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, Pemerintah Aceh juga harus membuka lahan industri baru yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Dengan demikian diharapkan pertumbuhan ekonomi di Aceh yang selama ini masih di bawah rata-rata nasional bisa ditingkatkan.

“Pertumbuhan ekonomi Aceh pada kuartal pertama tahun 2017 hanya sebesar 2,87 persen. Angka tersebut masih di bawah angka pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama yang mencapai 5,01 persen. Begitu juga dengan jumlah pengangguran terbuka di Aceh yang mencapai 7,39 persen. Ini pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Aceh yang baru di bawah Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah,” lanjut H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, Pemerintah Aceh juga harus memperkuat infrastruktur dasar daerah, mengembangkan sumber daya manusia, memperkuat tata kelola birokrasi, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di Aceh.

“Pembukaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe itu merupakan salah satu kesempatan bagi Aceh untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Industri hilir harus dikembangkan untuk mendukung KEK Lhokseumawe ini, dengan demikian nantinya sumber-sumber pendapatan baru bagi daerah akan muncul,” harap Wasekjen DPP Golkar Bidang Maritim tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *