,

Aceh dan NTB Lakukan Pertukaran Siswa Mengenal Nusantara

BANDA ACEH – Sebanyak 20 siswa dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Aceh. Mereka akan akan ditempatkan di rumah-rumah warga selama 24 Juli hingga 2 Agustus 2017.

Sebaliknya, 23 siswa dari Aceh juga mengikuti program yang sama di NTB. Para siswa asal Aceh akan berada di negeri Tuan Guru Bajang tersebut dari tanggal 21 hingga 31 Juli 2017.

Pertukaran siswa mengenal nusantara ini merupakan rogram yang disponsori oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah berjalan selama tiga tahun. Lewat kegiatan itu, diharapkan para siswa bisa memahami wawasan sosial budaya, wawasan pendidikan dan wawasan tentang BUMN.

Siswa asal NTB tiba di Aceh pada Selasa, 25 Juli dan diterima langsung oleh Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universiats Syaih Kuala.

Nova mengajak para siswa dari NTB tersebut untuk menikmati keindahan dan mengenal sejarah dan kebudayaan Aceh, sehingga wawasan nusantara bisa dipahami dengan sempurna. “Aceh adalah salah satu destinasi wisata halal terbaik dunia. Silakan nikmati tempat wisata, kesenian dan kebudayaan serta kuliner di bumi Serambi Mekkah ini,” ujar Nova.

Nova Iriansyah yakin bahwa seluruh siswa dari NTB yang akan tinggal di rumah warga tersebut, akan merasa nyaman. Ada sebuah falsafah yaitu peumeulia jamee, sebuah istilah Aceh yang berarti memuliakan tamu. Kultur turun-temurun itu menjadikan masyarakat Aceh selalu menempatkan tamu sebagai orang yang dimuliakan. “Saya berharap, para siswa ini bisa menceritakan tentang Aceh kepada masyarakat NTB,” ujarnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *