,

Abu Vulkanik Sinabung Sampai Gayo Lues, TNI Bagi Masker

BLANGKEJEREN – Debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung di Tanah Karo Sumatra Utara, berhembus sampai ke Gayo Lues, Aceh. TNI membagi masker bagi warga yang melintas.

Abdi salah satu pengendara sepeda motor, Selasa, 20 Februari 2018 mengatakan, ketika terlalu banyak menghirup udara tanpa menggunakan masker kain sangat menyulitkan dirinya untuk bernapas, bisa-bisa pengendara akan mengalami penyakit gangguan pernapasan.

“Agak sesak napas kita kalau tidak pakai penutup mulut dan hidung, dan posisi sepeda motor juga seperti berdebu akibat abu yang datang dari Gunung Sinabung itu, makanya harus tutup rapat supaya ada saringannya, mudah-mudahan cepat berakhir,” katanya.

Kaiman salah satu petani kopi di daerah Kacang Retak, desa Pungke Jaya mengatakan, akibat debu vulkanik Gunung Sinabung membuat kebun kopinya menjadi hitam-hitam di bagian daunya, dirinya khawatir jika debu itu berdampak penurunan hasil kebun kopi.

Sementara salah satu anggota TNI Pos Ramil Putri Betung Serda Hadi Kuswanto mengatakan, setelah erupsi gunung Sinabung sampai ke Kecamatan Putri Betung, pihak Koramil langsung berinisiatif membagikan masker secara gratis kepada warga.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *