,

99 Persen Kopi Gayo Lues Dijual ke Luar Daerah

BLANGKEJEREN – Kopi asal Kabupaten Gayo Lues hampir seluruhnya dijual ke luar daerah. Jumlah produksi kopi dengan konsumsi kopi warga negeri seribu bukit tersebut sangat tidak sebanding.

Produksi kopi yang paling banyak dari Kabupaten Gayo Lues berasal dari Kecamatan Pantan Cuaca, Dabun Gelang, Blangjerango, Putri Betung, Blangkejeren, Pining. Sementara di kecamatan lainnya petani kopi tidak sebanya di beberapa kecamatan tadi.

Amrin, salah satu petani kopi, Rabu, 14 Desember 2016 mengatakan, biasanya petani kopi yang telah memanen buah dan menjemurnya akan menjual kepada agen penampung, setelah terkumpul di agen penampung langsung dikirim ke Aceh Tengah dan Medan.

“Kalau kita hitung hanya satu persen saja kopi yang dikonsumsi warga Gayo Lues, sedangkan 99 persen lagi dijual keluar daerah, bahkan dikirim ke perusahaan kopi yang ada di Indonesia dan luar negeri,” jelasnya.

Dalam satu tahun, Amrin mengatakan hanya dua kali musim panen raya kopi, satu kali buah sedikit, dan satu kali musim lagi berbuah lebat, jika kopi berbuah normal, dalam satu batang bisa menghasilkan 10 kg lebih dalam satu musim panen.

“Dalam satu kektar kopi, sekali panen bisa menghasilkan puluhan juta, apa lagi kalau kita jual setelah diolah siap minum, itu harganya bisa mencapai Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu per kg, itu sangat menjanjikan untuk tanaman tua,” ujarnya.

Di Kabupaten Gayo Lues, salah satu Pegawai Camat Dabun Gelang sempat menghebohkan warga karena buah kopinya di daerah Reko sangat lebat, bahkan sudah beberapa orang turun langsung ke kebunnya membuktikan buah kopi yang diunggah ke media sosial, dan setelah pengunjung melihat langsung barulah percaya karena sangat jarang biji kopi berderet di setiap cabang.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *