,

9.024 Penari Saman Gelar Gladi di Stadion Seribu Bukit

BLANGKEJEREN – Sebanyak 9.024 penari saman mengikuti gladi bersih pergelaran saman massal, Minggu, 23 Juli 2017 di Stadion Seribu Bukit, Blangkejeren, Gayo Lues. Direncanakan saman massal akan digelar di tempat yang sama pada 13 Agustus 2017 dengan jumlah penari sebanyak 1.0001 orang.

Saat glade, ribuan penari terlihat sangat kompak saat menepuk dada, menepuk tanggan dan bermacam variasi tarian lainya, begitu juga dengan nyayiannya yang gemuruh bersahutan.

Para penari sebelum gladi seudah belajar selama seminggu di desa masing-masing, kekompakan saat gladi juga didukung oleh pembagian kaset DVD tari saman untuk setiap desa saat latihan, sehingga syairnya seragam.

Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasim usai gladi mengatakan bangga dengan kekompakan para penari tersebut. “Meski ada sebagian penari ada yang belum bisa hadir, mudah-mudahan pada gladi berikutnya bisa hadir bersama kita memainkan tari saman,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin selaku sekretaris panitia mengatakan, jumlah penari saman yang hadir pada gladi hari ini berjumlah 9.024 orang, jumlah itu belum termasuk keseluruhan lantaran ada sebagian yang terlambat datang.

“Tadi ada satu rombongan lagi yang belum masuk ke lapangan, mereka duduk di luar lantaran saat mereka datang, tari saman sudah dimulai, kami yakin disaat hari H nantinya, jumlah penari saman bisa lebih dari 10.001” jelasnya.

Untuk melakukan pengamanan lokasi dan arus lalu lintas, Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman menurunkan 185 personil saat pergelaran tari saman massal.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *