70 Persen Warga Gayo Lues Tak Miliki Sertifikat Tanah

0
107

BLANGKEJEREN – Sekitar 70 persen warga di Kabupaten Gayo Lues hingga kini belum memiliki sertifikat tanah. Pemerintah negeri seribu bukit tersebut terus melakukan pendataan melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal itu terungkap pada acara penyerahan sertifikat tanah warga program PTSL oleh Wakil Bupati H Said Sani secara simbolis kepada warga, Senin, 17 Juni 2019 di Balai Pendopo Bupati. Ada 1.498 persil tanah program PTSL yang telah disertifikasi.

H Said Sani berharap dengan adanya sertifikat tanah tersebut, kepemilikan tanah warga sudah memiliki kekuatan hukum. Tapi ia mewanti-wanti agar warga tidak menjadikan sertifikat tanah tersebut sebagai jaminan untuk pinjaman uang ke bank.

“Tapi jangan buru-buru langsung memberikan jaminan sertifikat ini ke bank, pikirkan dulu, apakah uangnya bisa dijadikan untuk modal atau tidak, intinya uang yang dipinjam itu bisa digulirkan, jangan meminjam uang kemudian uangya tidak bisa digulirkan, nanti tidak bisa membayaar cicilanya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pertanahan Gayo Lues, Ismed Zulkarnain mengatakan, program PTSL tahun 2018 berjumlah 1.498 sertifikat untuk 11 desa di lima kecamatan, sedangkan program PTSL tahum 2019 ini mencapai 2.500 persil.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here