,

657 Km Jalan di Aceh Tenggara Belum Diaspal

KUTACANE – Sekitar 53 persen jalan di Kabupaten Aceh Tenggara belum diaspal. Panjangnya mencapai 675 kilometer dari total 1.237 kilometer jalan di daerah sepakat segenap tersebut.

Pejabat Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh Tenggara, Sapta Marga, Sabtu, 2 April 2016 mengungkapkan, jalan yang baru diaspal di daerah itu baru 580 kilometer, itu pun dengan kondisi sebagian masih jalan kerikil dan tanah.

“Kami targetkan tahun 2019 nanti perbaikan dan perawatan sekaligus pembangunan jalan baru bisa mencapai 60 persen dari ruas jalan yang ada, sesuai dengan target nasional. Jalan yang bersifat urgent dalam dua tahun ini terus dikerjakan, terutama jalan sekitar pemukiman penduduk,” jelasnya.

Jalan yang urgen itu seperti jalan lingkar kabupaten dan semua ruas jalan di kabupaten di Kecamatan Leuser sepanjang 36,5 kilometer yang menjadi fokus utama. “Kami akan koordinasi dengan provinsi untuk menambah perbaikan jalan ruas provinsi di Aceh Tenggara. Ada sekitar 40 kilometer,” lanjut Sapta Marga.

Sapta Marga melanjutkan, perbaikan seluruh jembatan yang ada di Aceh Tenggara, hanya akan dilakukan peningkatan mutu jembatan saja yang dulunya jembatan kayu maka akan direhab menjadi jembatan beton, dengan total jembatan kayu sebanyak 105 jembatan, dan sejak 2013 hampir 20 Persen sudah direhab menjadi jembatan beton.

Khusus jembatan rangka baja dari enam jembatan rangka baja yang di Aceh Tenggara hanya dilakukan pemeliharaan rutin saja setiap tahun, hanya ada satu pekerjaan jembatan rangka baja yakni jembatan Lawe Alas-Ngkeran yang sudah dua tahun ini dkerjakan, ditargetkan akan selesai pada tahun 2017 mendatang.[RH]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *