,

513 Imum Gampong Dibekali Pemahaman Hukum

IDI – Sebanyak 513 imum gampong di Aceh Timur, Senin, 16 Mei 2016 mengikuti pembekalan dan pelatihan tentang pembinaan hukum Islam di Aula Dinas Syariat Islam setempat.

Asisten II Setda Kabupaten Aceh Timur Usman A. Rachman menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah Aceh Timur agar syariat Islam berjalan optimal.

“Dalam pelaksanaan syariat Islam di kehidupan sehari-hari masyarakat sangat tergantung pada imum gampong sebagai ujung tombak pelaksanaan pembinaan hukum Islam di gampong,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Timur, Rusyidi menjelaskan, kegiatan ini terbagi dalam lima angkatan. Angkatan pertama meliputi 135 peserta yang meliputi Kecamatan, Idi Rayeuk, Idi Timur, Idi Tunong, Banda Alam dan Kecamatan Darul Ikhsan. Dan selanjutnya pada angkatan kedua, tiga, empat dan lima hingga pada selesai pada tanggal 31 Mei 2016.

Kepada para Imum Gampong, Rusyidi mengharapkan untuk dapat mengikuti acara pembinaan ini dengan tekun, mengingat banyak sekali persoalan-persoalan keagamaan sekarang terjadi.

“Persoalan kita sekarang ini adalah kurang minat masyarakat gampong untuk mau belajar dan mengikuti pengajian di menasah-menasah, kurangnya peduli masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti dalail khairat, muhadharah dan lainnya, imum gampong harus membangkitkan lagi hal ini,” tegas Rusyidi.[IS]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *