,

466 Perangkat Gampong Dilatih Tata Kelola Dana Desa

BLANGKEJEREN – Untuk memaksimalkan penggunaan dana desa, serta menghindari tumpang tindih program, 466 perangkat gampong di Gayo Lues dilatih tata kelola dana desa. Pasalnya, selama ini penggunaan dana desa di negeri seribu bukit tersebut lebih banyak untuk pembangunan bronjong sungai saja.

Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim meminta agar penggunaan dana desa bisa lebih diarahkan untuk program-program yang berbasis peningkatan ekonomi masyarakat. Hal tersebut disampaikannya saat membuka pelatihan pembinaan pengelolaan keuangan desa, Kamis, 17 Maret 2016 di Aula DPRK Gayo Lues.

“Penggunaan dana desa memang tergantung kebutuhan desanya, tapi harus disalurkan kebidang pendidikan, fisik, dan infrastruktur yang bersekala kecil, di samping itu juga dibolehkan sebagai dana simpan pinjam untuk pertanian dan perkebunan,” katanya.

Anggaran dana desa Tahun 2015 tahap ketiga kata Ibnu Hasyim juga akan disalurkan pada tahun 2016 ini, selain kesiapan rancangan dari desa terlambat diselesaikan, anggaran dari APBN itu juga telat dikirimkan ke Kabupaten Gayo Lues.

Sementara Kepala DPKD Gayo Lues, Jata SE mengatakan, yang mengikuti pelatihan pembinaan pengelolaan dana desa berjumlah 466 orang yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris, Bendahara, dan Pendamping desa dari Sebelas Kecamatan. Pembinaan itu akan berlangsung selama tiga hari yang langsung dibina oleh DR Syukri Abdullah, staf ahli keuangan Pemerintah Aceh yang juga dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiahkuala.

Anggaran dana desa Kabupaten Gayo Lues tahun 2016 ini mencapai Rp 82 miliar dari APBN, dengan rincian perdesanya paling sedikit Rp560 juta, sedangkan anggaran Alokasi Dana Khusus (ADK) mencapai Rp 132 miliar dari APBA, jika ditotalkan semuanya, satu desa akan mendapat minimal Rp 700 juta.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *