,

4 Daerah Gelar FGD Pemanfaatan Dana Otsus di Bener Meriah

REDELONG – Empat kabupaten di wilayah tengah Aceh yakni Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara, Kamis, 8 Maret 2018 menggelar Fokus Group Discussion (FGD) kajian terhadap rencana induk pemanfaatan dana Otonomi Khusus (Otsus) Tahun 2008 – 2027.

FGD yang digelar di Aula Setdakab Bener Meriah di Redelong ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Aceh, Werry.

Bupati Bener Meriah Ahmadi, SE dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum, Suarman menjelaskan, dengan status otonomi khusus, Provinsi Aceh memiliki kewenangan, tata kelola pemerintahan serta skema penganggaran yang khusus terutama di bidang pelayanan dan bidang kesehatan.

Keistimewaan ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan. Untuk menjalankan mandat ini kata Suarman, Provinsi Aceh beserta kabupaten/kota telah berupaya merancang dan menjalankan berbagai program untuk mempercepat perbaikan pelayanan dasar serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

FGD tersebut mencoba memfasilitasi seluruh kabupaten/kota di Aceh agar dapat mengoptimalkan pelaksanaan dan pemanfaatan dana otsus sebagai upaya untuk merumuskan kebijakan untuk percepatan pembangunan di daerah masing-masing.

Sementara itu Werry dari Perwakilan Bappeda Aceh Werry menjelaskan, FGD bertujuan untuk mencari informasi-informasi penting berkaitan dengan dana Otsus yang sudah dimulai dari Tahun 2008.

“Bappeda Aceh akan mendukung, melihat semua apa yang terjadi dan mencatatnya. Hasil analisa semua kabupaten/kota yang berkaiatan dengan dana Otsus direncanakan sudah diterima oleh Pemerintah Aceh pada April, setelah hasil April ini ada, maka menuju kepada kajian rencana induk pemanfaatan dana Otsus Aceh yang saat ini kita melihat banyak jalannya tidak menurut jalur seperti yang disampaikan oleh rencana induk,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Gayo Leus, H Said Sani mengharapkan alokasi dana otsus betul-betul dimanfaatkan dan dialokasikan dan ditransfer ke pemerintah kabupaten sehingga pembangunan kabupaten itu lebih leluasa dalam rangka menata diri melalui pemanfaatan dana otsus.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *