,

4 Bakal Calon DPD Tidak Memenuhi Syarat

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan 4 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia tidak memenuhi syarat, 23 lainnya dinyatakan memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019 memenuhi syarat.

Adapun empat bakal calon DPD yang dinyatakan tidak memenuhi syarat adalah Murdani, Abdullah Puteh, Tgk T Abdul Muthalib, dan Raihan Iskandar.

Ketua Divisi Humas Data Informasi dan Hubungan Antarlembaga KIP Aceh Agusni menjelaskan, bakal calon anggota DPD yang ditetapkan memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi faktual. Dan selanjutnya ditetapkan dalam rapat pleno KIP Aceh.

“Setelah dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya KIP Aceh akan menetapkan mereka dalam daftar calon sementara. Kemudian akan diumumkan kepada masyarakat,” kata Agusni.

Sebelumnya, ada 32 bakal calon DPD RI asal Aceh yang mendaftar. Namun, setelah diverifikasi delapan di antaranya memenuhi syarat dan 19 bakal calon lainnya masih harus memperbaiki syarat dukungan.

Dari 19 bakal calon yang masih harus memperbaiki syarat dukungan, tiga di antaranya dinyatakan gagal setelah verifikasi faktual. Seorang bakal calon lainnya tersandung regulasi narapidana korupsi.

“Tiga dinyatakan tidak memenuhi syarat dan satu lagi terkait regulasi narapidana korupsi, yakni Abdullah Puteh. Jadi, yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 23 bakal calon,” kata Agusni.

Sementara bakal calon DPD lainnya yang memenuhi syarat adalah Andri Liska, Anwar Ahmad, Bukhari MY, Burhanuddin Daud, Fadhli Abdullah Adam, Fajran Zain, Ghazali Abbas Adan, H Fachrul Razi, M Fadhil Rahmi, HT Bahrum Manyak, Hasanuddin Darjo, Irsalina Husna Azwir.

Kemudian, Iskandar, M Fakhruddin, Masri Gandara Marzuki, Muhammad Ali, Mukhlis Mukhtar, Muntasir Hamid, Mursalin, Sudirman, Saifullah, Tarmilin Usman, dan Fachrurrazi Bin Hamzah.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *