,

39 Wartawan Aceh Ikuti UKW di Aceh Tamiang

BLANGKEJEREN – Sebanyak 39 orang wartawan dari sembilan kabupaten di Aceh mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) di Aceh Tamiang, kegiatan tersebut terlaksana berkat kerjasama PWI dengan Pertamina.

Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman, Senin, 25 April 2016 mengatakan, UKW yang digelar ini merupakan angkatan keenam tingkat muda di Guest House Pertamina EP Field Rantau yang akan berlangsung Senin 25 hingga 26 April 2016. “Direktur UKW ini adalah Usman Yatim yang mewakili dari PWI Pusat, yang nantinya akan menguji bersama lima orang penguji lainya,” katanya.

Surianto Kurniawan manager Pertamina Aceh Tamiang mengatakan, Pertamina EP Rantau sangat mengapresiasi dengan adanya UKW untuk meningkatkan wawasan, dan menambang etika jurnalistik insan pers, sehingga ke depanya para jurnalis bisa memberikan info secara akurat kepada masyarakat umum. “Informasi itu harus akurat, jangan hanya memberikan info tidak menarik,” katanya saat memberikan sambutan di hadapan peserta UKW dan para penguji dari Jakarta.

Direktur UKW PWI Pusat, Usman Yatim sebelum membuka acara UKW secara resmi mengatakan yang akan menjadi penguji UKW adalah Dokter Naugan Harahap dari Bandung yang juga selaku pakar hukum pers, Ratna Sari Dewi wartawan senior TVRI, Sahril ketua PWI Sumut 2010-2015, Ramadan penguji PWI Pusat, dan Tarmilin Usman, sementara Haris asal PWI Aceh sedang menunggu SK.

“Sekarang ini guru saja harus ada sertifikasinya, makanya kita juga selaku wartawan harus mengikuti UKW untuk mengetahui profesional dalam bekerja, ke depan anggota PWI harus semuanya UKW, dan yang tidak UKW tidak akan diperpanjang kartu persnya,” jelasnya.

Usai pembukaan acara tersebut langsung dimulai ujian kompetensi yang meliputi sembilan mata uji yang dibagi ke dalam tujuh kelompok, dan setiap mata uji langsung diberikan nilai oleh penguji, sementara bagi peserta UKW yang nilainya dibawah 70 tidak akan lulus, dan harus mengikuti UKW selanjutnya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *