,

39 Orang Meninggal Akibat Laka Lantas di Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Selama tahun 2017 terjadi 42 kasus kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Aceh Selatan. 39 orang meninggal dunia, 18 luka berat dan 31 luka ringan.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST melalui Kasat Lantas AKP Wiet Dasmara kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa, 16 Januari 2018 mengungkapkan,kasus Lakalantas sepanjang tahun 2017 tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2016 lalu yang berjumlah mencapai 57 kasus.
Penurunan angka kecelakaan lalulintas tersebut, kata dia, membuktikan telah meningkatnya kesadaran masyarakat Kabupaten Aceh Selatan dalam berlalu lintas yang baik dan benar.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa ini merupakan hasil kerja keras petugas di lapangan yang aktif melakukan sosialisasi secara persuasif melalui pendekatan kepada masyarakat serta turun langsung ke sekolah-sekolah guna mensosialisasikan berkendara yang baik dan benar,” ungkapnya.

Terkait sedang berlangsungnya tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan sekarang ini, Polres Aceh Selatan menghimbau kepada pendukung masing-masing pasangan calon agar dalam melakukan mobilisasi massa hendaknya menggunakan kenderaan yang aman sehingga terhindar dari bahaya.

“Kami juga meminta para pendukung kandidat tidak merubah warna kenderaan dari aslinya, apalagi menggunakan lampu rotator warna biru yang merupakan identitas warnanya polisi lalu lantas,” jelas AKP Wiet Dasmara.

Selain itu, sambung Kasat Lantas, pihaknya juga akan mengambil tindakan tegas terhadap kenderaan roda dua yang menggunakan knalpot tidak standar sehingga membuat kebisingan. Karena masa tindakan persuasif sudah lewat.

Selain itu, sepanjang tahun 2017 Polres Aceh Selatan telah mengeluarkan sebanyak 3.285 surat tilang. “Untuk perolehan denda vonis dari pengeluaran surat tilang sepanjang tahun 2017 mencapai Rp140 juta lebih,” pungkasnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *