,

333 Turis Manca Negara Daki Puncak Leuser

BLANGKEJEREN – Sebanyak 333 wisatawan dari manca negara telah melakukan pendakian ke puncak Gunung Leuser selama tahun 2016. Jumlah tersebut hanya yang tercatat di Dinas Pariwisata Gayo Lues. Sementara yang mendaki melalui Aceh Tenggara dan sekitarnya diyakini jauh lebih banyak.

Turis yang mendaki via Gayo Lues biasanya berlibur menuju Puncak Gunung Leuser yang ekstrim dipandu warga Kedah, Kecamatan Blangjeranggo yang merupakan salah satu pintu masuk menuju Puncak Leuser.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, Senin, 20 Februari 2017 mengatakan, banyaknya turis yang mendaki puncak Leuser sangat dipengaruhi oleh semakin kondusifnya keamanan di Aceh.

“Kita menargetkan turis manca negara yang masuk ke Gayo Lues dengan tujuan menuju Puncak Leuser hanya sekitar 200-an orang di tahun 2016, namun kenyataanya melebihi sampai 33 orang,” jelasnya.

Salah satu alasan turis manca negara yang gemar mendaki ke Puncak Leuser kata Syafrudin adalah jalur pendakianya yang panjang, karena untuk menempuh puncak Leuser, para pendaki membutuhkan waktu perjalanan pergi selama tujuh hari.

“Selain rute pendakian terpanjang di Asia, flora dan fauna di hutan Leuser juga masih lengkap, dan itu merupakan alasan orang wisatawan datang berkunjung ke Gayo Lues,” ungkapnya.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *