,

3 Partai Tak Ajukan Bakal Caleg DPRA di Seluruh Dapil Aceh

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh saat ini masih melakukan verifikasi berkas persyaratan pencalonan bakal calon anggota legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Pemeriksaan kelengkapan dokumen dilakukan sejak 1 Agustus sampai 7 Agustus 2018 mendatang.

Sebagaimana dilansir situs resmi KIP Aceh, www.kip.acehprov.go.id Ketua Divisi Teknis KIP Aceh, Munawarsyah menjelaskan, ada 3 partai yang tidak mengajukan bakal caleg untuk DPRA, namun ia tidak menyebutkan ketiga partai tersebut. “Ada tiga partai yang tidak mengusulkan bakal calon anggota legisltifnya di seluruh Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh,” kata Munawarsyah.

KIP Aceh memeriksa berkas 1.325 bakal caleg setelah masa perbaikan yang diusulkan oleh 20 partai politik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 823 laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Jumlah tersebut berkurang dari yang diusulkan sebelumnya, masa pengajuan calon. Sebelumnya tercatat sebanyak 1.338 Bacaleg. Sebagian mereka gugur saat uji Baca Alquran dan digantikan dalam masa perbaikan.

Menurutnya dalam verifikasi hasil perbaikan, ada empat hal yang menjadi fokus pemeriksaan KIP Aceh sesuai aturan. Pertama, verifikasi formulir Model B Perbaikan, kemudian verifikasi Model B1 perbaikan, selanjutnya verifikasi dokumen perbaikan syarat calon, dan terakhir verifikasi dokumen bakal calon pengganti.

Hasil penelitian keabsahan dokumen perbaikan ini nantinya akan diberitahukan kepada seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 pada 8 Agustus 2018 mendatang. Jika ada Bacaleg yang tidak memenuhi syarat, maka tidak dimasukkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Pengumuman DCS sendiri dilakukan pada 12-14 Agustus 2018.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *