,

3.141 Keluarga Miskin di Aceh Selatan Terima PKH

TAPAKTUAN – Sebanyak 3.141 keluarga sangat miskin di Kabupaten Aceh Selatan akan menerima bantuan dana tunai melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Jumlah anggaran yang akan disalurkan pada tahap tiga periode bulan Juli, Agustus dan September tahun 2016 mencapai Rp 1,3 miliar lebih.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Selatan, Basarudin di Tapaktuan, Rabu, 5 Oktober 2016 mengatakan, bantuan yang bersumber dari APBN melalui Kementerian Sosial tersebut akan ditransfer langsung ke masing-masing rekening penerima manfaat melalui kantor Pos.

“Proses penyaluran bantuan tersebut telah dimulai di kantor Pos Trumon Tengah pada Senin (3/10) lalu. Penyalurannya akan terus berlanjut secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan tersebut diberikan setiap tiga bulan sekali dari total bantuan yang diterima pertahun dibagi empat tahap. Dari enam komponen keluarga sangat miskin (KSM) masing-masing ibu hamil dan balita menerima bantuan sebesar Rp 1 juta/tahun, anak SD Rp 450.000/tahun, SMP Rp 750.000/tahun, SMA Rp 1 juta/tahun dan bantuan maksimal Rp 3,7 juta/tahun serta bantuan minimal Rp 950.000/tahun.

Dia menyatakan, meskipun bantuan tersebut telah diplotkan kepada penerima manfaat, namun jatah bantuan tersebut bisa saja di kurangi atau dibatalkan jika pihak penerima tidak mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

Sebab, kata dia, PKH merupakan program bantuan tunai bersyarat sehingga kepada peserta yang menerima bantuan diwajibkan menyekolahkan anaknya yang masih berusia sekolah (6-12 tahun) atau yang belum menyelesaikan pendidikan 12 tahun.

“Jika anggota rumah tanggal penerima bantuan PKH tidak memenuhi kewajibannya seperti yang disebutkan maka akan dikenakan sanksi berupa pengurangan bantuan sebesar 10 % dari total bantuan untuk satu bulan tidak komit dan jika tiga bulan berturut-turut tidak komit maka akan kena sanksi berupa tidak diberikan bantuan sama sekali dalam tahao tersebut. Namun jika selama 9 bulan berturut-turut tidak komit maka akan dikeluarkan dari peserta PKH,” ungkapnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *