,

265 Calon Dosen Ikut Tes di UIN Ar-Raniry

BANDA ACEH – Sebanyak 265 calon dosen tetap bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti tes di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Selasa, 19 April 2016 di Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Darussalam ,Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA mengatakan, penerimaan Cados tetap bukan PNS ini dilaksanakan dengan kriteria yang telah ditetapkan, antara lain kualifikasi ijazah sesuai dengan yang dibutuhkan, rekrutmen ini untuk semua fakultas di lingkungan UIN Ar-Raniry, namun hanya untuk sejumlah prodi yang dibolehkan menerima karena belum mencapai kuota.

“Penerimaan Cados bukan PNS sesuai dengan kuota yang diberikan untuk UIN Ar-Raniry, disebut dengan istilah 6+1, artinya sesuai dengan yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama sebelumnya bahwa dosen itu harus ada enam orang di setiap prodi dan linier dengan ijazah. Sekarang telah dikeluarkan edaran baru bahwa enam ditambah satu, artinya harus ada tujuh orang di setiap prodi,” ujarnya.

Dia menambahkan, penerimaan dosen bukan PNS ini diprioritaskan bagi prodi yang dosennya belum mencapai tujuh orang dengan ijazah yang linier, dengan kondisi ini maka diberi kesempatan bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk merekrut dosen tetap bukan PNS. Peluang ini untuk mengantisipasi kekurangan dan keluhan dari prodi, maka bagi prodi yang telah memenuhi kuota tujuh orang tidak dibenarkan lagi merekrut cados bukan PNS tahun ini.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. H. Muhibbuthabry, M. Ag menyebutkan, tahun 2016 ini UIN Ar-Raniry diberikan kuota sebanyak 75 orang untuk menerima calon dosen tetap bukan PNS yang disetujui oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Jakarta.

“Hasil seleksi berkas calon yang telah dilakukan pihak fakultas sebanyak 380 orang dan dikirim ke panitia untuk divalidasi, dari hasil tersebut yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti ujian tulis dan wawancara berjumlah 265 orang, sedangkan yang diterima nantinya 75 orang untuk semua fakultas,” kata Muhibbuthabry, yang juga Ketua Panitia Rekrutmen Cados Non PNS ini.

Pelaksanaan tes dilakukan selama satu hari, dengan materi antara lain wawasan kebangsaan, intelegensi umum, karakteristik pribadi, kompetensi bidang dan tes wawancara yang diawali dengan tes baca Al-Quran, tim wawancara terdiri dari unsur pimpinan baik yang dari rektorat dan fakultas. Kegiatan tes ini dipantau oleh unsur pimpinan UIN Ar-Raniry dan hadir juga dari Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Jakarta Mustaqim, S.Ag, M.Pd. [MS]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *