,

24 Warga Gayo Lues Terjangkit DBD

BLANGKEJEREN – Sejak Januari hingga Maret 2017 sudah 24 warga Gayo Lues yang menderita penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD), mereka masih menjalani perawatan itensif di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Gayo Lues, dr Nevi Rizal, Rabu, 8 Maret 2017 mengatakan, ke-24 orang yang terkena penyakit DBD itu sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Mereka baru diperbolehkan pulang setelah benar-benar sembuh.

“Untuk data pastinya dari desa mana dan kecamatan mana saja penderita DBD ini belum masuk ke kami karena posisinya masih di RSUD, biasanya setiap akhir bulan dikirimkan ke Dinas Kesehatan, namun untuk jumlah penderitanya sudah kami konfirmasi, dan jumlahnya mencapai 24 orang,” katanya.

Nyamuk pembawa virus DBD biasanya mengigit pada siang hari berkisar pukul 10:00 WIB, dan tempat bertelurmya juga bukan di air yang kotor, melainkan di air-air bersih juga bisa berkembang biak. Untuk itu, Dinkes Gayo Lues menghimbau kepada warga agar membersihkan pekarangan rumah dan membuang air tergenang, serta menutup tempat penampungna air dengan baik agar jentik nyamuk tidak bisa berkembang.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *