,

23 Pelajar Papua Ikut SMN di Aceh

BANDA ACEH – Sebanyak 23 pelajar asal Papua mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Aceh. Mereka tiba di Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh besar, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Kedatangan pelajar dari daerah paling timur Indonesia itu disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin bersama pejabat dari Kodam Iskandar Muda, Polda Aceh, Rindam Iskandar Muda, Manager Branch Pertamina MOR I Aceh Addieb Arselan, PGS Cabang BNI Banda Aceh Erwansyah, dan perwakilan PT Surveyor Indonesia.

“Dari Sabang sampai Merauke bukan cuma sekedar judul lagu, tetapi sebentar lagi bakal direalisasikan para peserta SMN Papua. Mereka memiliki jadwal pekan depan untuk melakukan kunjungan, dan melihat langsung keindahan Pulau Weh di Kota Sabang, Aceh,” ujar Syaridin dalam sambutannya.

Syaridin juga mengundang peserta SMN Papua untuk berkunjung ke Pekan Budaya Aceh yang di pusatkan di Taman Sri Ratu Syafiatuddin, Lampriet, Banda Aceh, berlangsung hingga tanggal 15 Agustus 2018.

Saat penyerahan pelajar asal Papua tersebut juga dilakukan penyerahan plakat patung asmat sebagai cendera mata dari Papua dari Manager Branch Pertamina MOR I Aceh Addieb Arselan kepada Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin.

Addieb dalam sambutannya mengaku, sempat bertugas di Papua yang memiliki budaya berbeda dengan provinsi paling Barat di Indonesia ini. “Saya sempat ingatkan tadi, agar siswa dari Papua tidak panggil kakak baik kepada laki-laki maupun perempuan yang di atas usia mereka,” terangnya.

“Di Papua, hampir sama dengan di Aceh, yakni terdiri dari banyak suku. Aceh keunggulan alam, dan hampir sama dengan Papua. Yang saya suka di sini, kesopanan warga di Aceh, sama seperti kita di Papua,” ungkap Addieb.[**]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *