,

20 Ketua Parpol dan Calon DPD Deklarasikan Kampanye Damai

BANDA ACEH – Sebanyak 20 Ketua Partai Politik (Parpol) di Aceh yang terdiri dari 16 partai nasional dan 4 partai lokal, bersama para calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), menandatangani deklarasi kampanye damai yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Blang Padang, Kota Banda Aceh, Minggu, 23 September 2018.

Acara deklarasi dimulai dengan ‘Senam Jantung Sehat’ yang diikuti ratusan peserta yang memakai baju putih yang disiapkan oleh KIP. Para pengurus partai juga tampak menyiapkan kenderaan bermotor, seperti becak dan mobil untuk mengikuti pawai keliling kota nantinya.

Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 di Aceh mengusung tema “Kampanye Anti-SARA dan Anti-hoax untuk Pemilih Berdaulat dan Negara Kuat” diikuti oleh unsur Forkopimda dan peserta Pemilu 2019, penggiat Pemilu dan masyarakat.

Sebelum menandatangani deklarasi, para pimpinan partai politik dan calon anggota DPD RI juga membacakan deklarasi kampanye damai bersama-sama di atas panggung. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi pemilu damai dan ikrar kampanye oleh seluruh pimpinan partai politik maupun anggota DPD. Para peserta Pemilu 2019 juga melakukan pelepasan burung merpati bersama, sebagai simbol damai.

Deklarasi kampanye damai tesrebut juga merupakan sebagai tanda sudah dimulainya jadwa kampanye sebagai yang ditetapkan, yakni sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Pada kesempata tersebut, Wakil Ketua KIP Aceh, Tharmizi meminta kepada peserta Pemilu 2019 untuk tidak menyebarkan intimidasi, teror dan berita hoax maupun SARA kepada masyarakat. “Jaga semangat kebersamaan untuk mewujudkan demokrasi dan Pemilu 2019 dapat terlaksana dengan baik di Aceh,” katanya.

Menurut Tharmizi, deklarasi kampanye damai bukan bukan hanya sekadar formalitas belaka. Deklarasi punya makna untuk membuat komitman bersama serta konsisten dalam menciptakan suasana pesta demokrasi yang kondusif di Aceh.

Kampanye Pemilu 2019 juga menjadi bagian untuk pendidikan politik kepada masyarakat, tanpa melupakan norma dan kearifan lokal yang berlaku di tengah-tengah masyarakat Aceh.

Pemilu 2019 akan diikuti oleh 2 pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden. Nomor urut satu pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, serta pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno.

Untuk calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, sebanyak 1.298 calon akan bersaing memperebutkan 81 kursi dewan. Sementara untuk anggota DPD dari Aceh, tercatat sebanyak 26 orang calon.

Acara itu turut dihadiri oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak, Pangdam IM, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Wali Nanggroe, Tgk Malik Mahmud Alhaythar, dan sejumlah pejabat lainnya.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *