,

1,5 Ton Raskin Aceh Tengah Diselundupkan ke Aceh Tenggara

BLANGKEJEREN – Aparat kepolisian dari Mapolres Gayo Lues berhasil menggagalkan penyelundupan 1,5 ton beras untuk masyarakat miskin (Raskin) dari Aceh Tengah ke Aceh Tenggara. Tiga pelaku ditangkap bersama satu mobil pick-up jenis L300 dan barang bukti 1,5 ton raskin.

Kapolres Gayo Lues AKBP Eka Surahman melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendy Oktama, mengungkapkan, penangkapan terhadap penjual dan pembeli paskin itu terjadi pada hari yang berbeda. Ketiga pelaku kini ditahan di Mapolres Gayo Lues.

“Awalnya kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada beras raskin yang hendak diselundupkan menggunakan mobil jenis L 300 BL 8353 HB menuju Aceh Tenggara, jadi kamipun melakukan pengecekan dan menghentikan mobil tersebut,” katanya.

Di dalam mobil L 300 itu, polisi mengamankan dua orang yaitu B (42) sopir dan AL (37) selaku kernek (kondektur) keduanya warga Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara. Mereka ditangkap bersama 1,5 ton raskin dalam mobil tersebut.

“Setelah menangkap kedua pelaku, kami mengembangkan kasus tersebut, berdasarkan hasil penyelidikan, beras raskin itu dibelinya dari Sekretaris desa Lumut, Kabupaten Aceh Tenggah,” jelasnya.

Setelah mendapatkan informasi yang akurat, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Aceh Tenggah, dan pada Kamis tanggal 27 Juli, Sekdes penjual hak warga miskin itupun dijemput kerumahnya guna mempertanggung jawabkan perbuatanya.

“Yang menjual beras raskin kepada warga Aceh Tenggara ini adalah B selaku Sekretaris desa Lumut, sekarang sedang kita mintai keteranganya guna melengkapi berkas penyelidikan,” kata Kasat Reskrim dari tiga orang yang terlibat baru dua orang yang ditetapkan sebagai tersangka, sementara kenek mobil itu bersetatus sebagai saksi.

Akibat perbuatan penjualan beras raskin, kedua tersangka dijerat dengan undang-undang pangan dengan ancaman hukuman penjara maksimal lima tahun.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *