,

134 Desa di Aceh Selatan Masih Miskin

TAPAKTUAN – Dari 260 desa di Kabupaten Aceh Selatan, ternyata 134 diantaranya masih tergolong miskin. Pertumbuhan ekonomi di negeri pala tersebut masih di bawah provinsi Aceh dan nasional.

Hal itu diungkapkan anggota DPRK Aceh Selatan, Alja Yusnadi, Senin, 8 Agustus 2016 di Tapaktuan. Menurutnya, rendahnya pertumbuhan ekonomi di Aceh Selatan dipicu oleh tingginya inflasi, sementara ketersediaan lapangan kerja sangat terbatas. “Persoalan ini menyebabkan potensi desa tidak tergarap secara maksimal sehingga perekonomian desa belum dapat memberikan kontribusi yang signifikan,” ungkapnya.

Alja Yusnadi melanjutkan, masih banyaknya jumlah penduduk miskin telah menyebabkan kelompok masyarakat tersebut sangat rentan terhadap gejolak sosial ekonomi dan bencana alam.

“Batasan kemiskinan tidak terbatas sekedar pada ketidakmampuan ekonomi tetapi juga kegagalan memenuhi hak-hak dasar dan perbedaan perlakuan bagi seseorang atau sekelompok orang dalam menjalani kehidupan secara bermartabat. Ini juga bagian dari kegagalan pemerintah mengentas kemiskinan,” ujarnya.

Disisi lain, kata Alja, belum meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat juga dapat dilihat dari terjadinya penurunan rasio jumlah penduduk yang memanfaatkan jasa pelayanan di RSUD YA Tapaktuan.

“Penurunan jumlah penduduk memanfaatkan jasa pelayanan kesehatan di RSUD YA Tapaktuan itu juga disebabkan karena pada tahun 2015 terjadi transisi pemberlakuan Jaminan Kesehatan Aceh (JKA). Banyaknya rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga mengakibatkan masyarakat bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan di banyak rumah sakit,” kata dia.

Masih menurut Alja, angka kematian balita di Aceh Selatan juga meningkat, pada tahun 2014 masih anatar 4 orang per 1000 orang namun pada tahun 2015 telah naik menjadi 10 orang per 1000 orang. “Aceh Selatan juga endemis DBD, ini harus menjadi perhatian serius pemerintah,” harapnya. [Hendri Z]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *