,

132 Joki Berlomba di Pacuan Kuda Buntul Nege

BLANGKEJEREN – Sejumlah 132 joki dari Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues, sejak Senin, 8 Agustus 2016 berlomba di stadion pacuan kuda Buntul Nege, Gayo Lues. Mereka memperebutkan hadiah total Rp 216 juta.

Lomba pacuan kuda yang digelar dalam rangka HUR RI ke-71 itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Gayo Lues, H Thalib. Pacuan kuda akan digelar hingga 14 Agustus 2016. Menurutnya, pacuan kuda merupakan agenda tahunan di daerah seribu bukit tersebut.

“Ini bukan hanya sekadar berlomba, tapi juga menjadi ajang silaturahmi. Kita berharap dengan adanya event seperti ini, maka kuda-kuda berkualitas di dataran tinggi Gayo bisa menunjukkan kualitasnya, hingga dilirik oleh orang luar,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persatuan Olah Raga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Gayo Lues menjelaskan, kuda peserta lomba dari Aceh Tengah berjumlah 18 ekor, dari Bener Meriah 41 ekor, dan dari Gayo Lues selaku tuan rumah 73 ekor.

“Tahun ini jumlah kuda yang berlomba agak berkurang, ini terjadi karena pada 22 Agustus 2016 nanti juga ada lomba pacuan kuda di Aceh Tengah. Pihak panitia dalam sehari hanya menggelar delapan ronde pacuan, sekali pacu akan diikuti oleh empat kuda. Para pemenang akan masuk ke babak selanjutnya,” jelasnya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *