,

13 Kilometer Sungai Tripe Ditanami Bambu

BLANGKEJEREN – Masyarakat Kecamatan Rikit Gaib dibantu mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Gayo Lues, melaksanakan gotong royong penanaman bamboo di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Tripe.

Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, Sabtu, 28 Juli 2018 di desa Penomon Jaya, Kecamatan Rikit Gaib saat membuka gotong royong masal itu mengatakan, penghijauan disepanjang sungai Kuala Tripe sepanjang 13 kilometer itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, apa lagi dikerjakan tanpa mengeluarkan anggaran.

“Kalau melalui anggaran, saya kira penanaman bambu ini sudah menelan anggaran hingga Rp 4 miliar, tapi ini hanya dari swadaya saja, dan saya sangat mengapresiasi inspirasi dan pemikiran pak Camat Rikit Gaib,” katanya.

Amru juga mengharapka agar pejabat lain dapat membuat inspirasi seperti yang digagas Camat Rikit Gaib, sebab, hal seperti itu merupakan untuk kemaslahatan ummat yang harus ditiru dan dicontoh tanpa harus mengeluarkan biaya dari pemerintah.

Camat Rikit Gaib, Buniyamin mengatakan, gotong royong masal penanaman bambu itu sudah direncanakanya sebelum bulan Rhamadan, namun baru sekarang terlaksana berkat dukungan dari mahasiswa KKN dan seluruh masyarakat Rikit Gaib.

“Bibit bambu yang sudah kita sediakan berjumlah 6.300 batang, bibit itu kami cari bersama 208 mahasiswa Unsyiah yang KKN di sini dibantu masyarakat, sedangkan penanamanya melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk anak SD, SLTP, dan SLTA,” katanya.

Fajarul Aulia salah satu perwakilan mahasiswa KKN di Gayo Lues sangat mengapresiasi kegiatan gotong royong itu, dan kegiatan ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi seluruh mahasiswa KKN.

“Saya meminta kepada pak Bupati agar mendukung program ini secara berkesinambungan untuk kepentingan ekonomi dan lingkungan di Kecamatan Rikit Gaib,” pintanya.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *