,

13 Agustus Saman Massal Digelar Kembali di Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues akan kembali menggelar tarian saman massal pada 13 Agustus 2017 mendatang. 10.001 penari akan dilibatkan. Angka 1 dikhususkan karena tarian yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia tak benda ini harus dimainkan dengan jumlah penari yang ganjil.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin selaku sekretaris panitia, Rabu, 12 juli 2017 menejlaskan, pihaknya melakukan berbagai persiapan dalam pergelaran tari saman nantinya, mulai dari penyebaran brosus hingga mengirim undangan ke luar daerah.

“Tidak ada lagi perubahan penampilan tari Saman 10.001 akan digelar 13 Agustus 2017 di Stadion Seribu Bukit,” katanya di Kompleks Kantor Bupati Gayo Lues.

Menyangkut adanya isu pro dan kontra di media sosial menyangkut pergelaran tari saman 10.001, Syafrudin tidak mau ambil pusing dan hanya menanggapi dengan hal positif saja, sebab seiap kegiatan pasti ada yang pro dan ada yang kontra.

“Untuk lebih jelasnya, rekan-rekan konfirmasi saja kepada bapak Sekda selaku ketua panitia, sehingga semuanya jelas, karena sebagian pertanyaan rekan-rekan ada sebagian yang bukan wewenang saya mejawabnya,” katanya.

Sebelumnya, pada 24 November 2014 silam, Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues juga telah sukses menyelengarakan penampilan Tari Saman Gayo Lues dengan jumlah penari 5005 orang, penampilan tari Saman itu berlangsung di Stadion Seribu Bukit.

Kini tari saman yang sudah menjadi milik dunia itu kembali dimainkan dengan jumlah penari yang jauh lebih besar dari sebelumnya, dengan harapan agar tari saman tetap lestari dan menjadi kebanggan Gayo Lues dan dunia.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *