,

11 Pejabat Aceh Selatan Mangkir dari MTQ

TAPAKTUAN – 11 pejabat di Aceh Selatan tidak hadir pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar pejabat dalam lingkup Pemkab Aceh Selatan. Hingga batas akhir pendaftara peserta Kamis malam, 11 Agustus 2016, dari sebanyak 45 orang peserta yang terdiri dari 37 kepala dinas, badan dan kantor, 5 staf ahli dan 3 asisten, 11 orang pejabat diantaranya terbukti tidak hadir dengan berbagai alasan.

Terkait ketidakhadiran 11 pejabat dimaksud, Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra telah meminta kepada pihak panitia agar menjadwalkan ulang pelaksanaan MTQ terhadap ke 11 pejabat dimaksud, karena ketidakhadiran mereka tanpa ada alasan yang jelas.

Sebab berdasarkan rencana dan kesepakatan awal, MTQ antarpejabat tersebut wajib diikuti oleh seluruh pejabat eselon IIB dengan ketentuan tidak boleh diwakili dan harus didampingi istri atau suami masing-masing.

“Yang tidak hadir harus menunjukkan bukti autentik. Bagi yang sakit harus mampu memperlihatkan surat keterangan resmi dari dokter Rumah Sakit atau Puskesmas. Kalau dinas luar juga seperti itu, tetapi tidak mungkin selamanya pejabat bersangkutan dinas di luar kota,” tegas Bupati Sama Indra kepada wartawan di Tapaktuan, Jumat, 12 Agustus 2016.

Wakil Ketua Panitia Seksi Keagamaan dan Kehoranian HUT ke 71 Kemerdekaan RI Kabupaten Aceh Selatan, Musni Yakob menyebutkan, berdasarkan absensi yang ditandatangani langsung oleh peserta, hingga berakhirnya pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama dua hari yakni Rabu dan Kamis (10-11/8) di Hall Pendopo Bupati Tapaktuan, tercatat sebanyak 11 orang pejabat tidak hadir dengan alasan tidak jelas.

Dia menyatakan, dari hasil pelaksanaan MTQ antar pejabat selama dua hari tersebut, para kontestan yang sudah mengikuti perlombaan rata-rata mampu baca Alquran. Menurut penilaian pihaknya, beberapa orang pejabat yang memiliki kelemahan hanya pada kemerduan suara dan tajwid.

MTQ khusus bagi para pejabat daerah ini baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Aceh Selatan, bahkan bisa jadi yang pertama di Provinsi Aceh. “Kegiatan ini bertujuan meningkatkan ukhuwah islamiah dan menumbuhkembangkan semangat dan minat baca Alquran di kalangan masyarakat,” kata Bupati Aceh Selatan, T Sama Indra saat membuka kegiatan tersebut.

Perlombaan MTQ antar pejabat ini, melibatkan tiga dewan juri, yakni sebagai Ketua Drs Syahril Anas (Imam Besar Masjid Agung Istiqomah Tapaktuan), dan dua orang anggota masing-masing Ustaz Fuadi (Qari MTQ tingkat Daerah) serta H Muhammad Akhir (Qari MTQ tingkat Internasional asal Aceh Selatan).[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *