,

100 Pedagang Terima Kunci Kios dari Pemkab Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Disdagperinkop dan UKM mulai memfungsikan Pasar Rakyat yang berada di Gampong Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan.

Mulai berfungsinya Pasar Rakyat yang telah selesai dibangun tahun 2016 lalu tersebut ditandai dengan penyerahan kunci kios kepada 100 pedagang di komplek TPI Tapaktuan, Kamis, 29 November 2018.

Sebelum kunci diterima oleh masing – masing pedagang terlebih dahulu dilakukan pengundian nomor kios. Pengundian dipimpin oleh Kepala Disdagperinkop dan UKM Aceh Selatan Mualimin SE.

Acara tersebut turut dihadiri Sekdakab Aceh Selatan H Nasjuddin SH MM, unsur Muspika Tapaktuan, para Imum Mukim, dan Keuchik dalam Kecamatan Tapaktuan. Sekda H Nasjuddin mengatakan, dalam satu bulan ini pedagang sudah boleh menempati kios Pasar Rakyat untuk penataan interior.

Menjawab pertanyaan pedagang terkait belum tersedianya instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di lokasi, Sekda menyatakan akan mengusulkan anggaran pada APBK Perubahan Tahun 2019. “Kita akan upayakan pembangunan IPAL di komplek pasar dengan mengusulkan anggaran di APBK-P tahun 2019 mendatang,” ucapnya dihadapan ratusan pedagang.

Sementara itu, Kepala Disdagperinkop dan UKM Aceh Selatan, Mualimin kepada wartawan menyebutkan, sebanyak 100 kunci kios Pasar Rakyat telah di serahkan kepada masing – masing pedagang.

“Dari 110 pedagang yang telah mendaftar, 100 diantaranya telah memiliki kunci kios untuk ditempati. Sedangkan 10 pedagang yang tidak tertampung akan menempati los,” sebutnya.

Los tersebut lanjutnya, akan disekat hingga memisahkan antara perdagang sayur dengan pedagang yang membuka usaha warung kopi dan jenis usaha lainnya. “Pedagang yang akan menempati kios Pasar Rakyat ini merupakan pedagang baru dalam Kec. Tapaktuan, dan ada juga beberapa orang dari Pasar Inpres Tapaktuan,” tutupnya.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *