,

10.001 Penari Saman Guncang Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Penari saman Gayo Lues kembali memecahkan rekor dari Museum Untuk Rekor Indonesia (MURI). Saman dengan jumlah penari terbanyak yang pernah ada digelar di stadion negeri seribu bukit itu.

Tak tanggung-tanggung jumlah penari yang terlibat sebanyak 10.001 orang. Ini terlihat dari gladi terakhir yang digelar Sabtu, 12 Agustus 2017. Besok, Minggu, 13 Agustus tarian kolosal itu akan dimainkan mengguncang negeri dingin tersebut.

Rekor MURI sebelumnya juga dipegang para penari saman Gayo Lues yang menggelar tari saman dengan 5.001 penari pada tahun 2015 lalu. Angka satu dipilih karena jumlah penari yang memainkan saman harus ganjil, tidak boleh genap.

Dalam gladi terakhir ituu, para lelaki memainkan Tari Saman, sebuah tarian yang sudah turun temurun dilakukan sejak dahulu kala dengan mengeluarkan irama menepuk dada dan tangan, sedangkan di belakangnya, 500 perempuan yang tidak lagi gadis meyuguhkan tari bines. Bila saman hanya boleh dimainkan oleh pria, maka bines merupakan tarian yang hanya dilakukan oleh kaum hawa.

Kombinasi 10.001 penari saman dengan 500 penari bines menyuguhkan tarian ikonik yang melegenda di negeri seribu bukit tersebut. Meski baru gladi terakhir, gemuruh dan riuhnya tarian heroic tersebut membuat setiap mata yang menontonnya terpana. Apalagi tari saman telah diakui oleh lembaga dunia UNESCO, sebagai warisan dunia tak benda.

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues kini juga memiliki 15 pelatih saman bersertifikat, yang bisa melatih saman di seluruh dunia. Para penari saman Gayo Lues sering tampil dalam berbagai event, bukan hanya di Aceh, tapi juga nasional, bahkan manca negara.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *