,

10.000 Orang Akan Mainkan Tari Saman Secara Kolosal

BLANGKEJEREN – Setelah sukses memainkan tari saman dengan 5.057 penari pada 2014 lalu, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues berencana akan menggelar even yang sama di tahun 2016 dengan jumlah penari yang lebih banyak, yakni 10.000 orang.

Wacana ini sedang dikaji dengan matang karena membutuhkan biaya besar mulai dari biaya saat latihan sampai konsumsi dan transportasi peserta. Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, Selasa, 2 Januari 2016 mengharapkan biaya besar itu tidak hanya ditanggung pemerintah, tapi juga sponsor dan donasi pihak ketiga.

Menurut Syafuddin, Bupati Gayo Lues, H Ibnu Hasyim memang sudah merencanakan even tersebut. Tapi Syafruddin mengaku belum mengetahui dananya diposkan di mana. “Kalau dikatakan sudah memerintahkan, ya kita akan mainkan. Tapi kami masih belum tahu juga di mana nanti posnya, apakah di dinas pariwisata atau memang di dinas pendidikan, sebab kebudayaan sudah disahkan DPRK rancangan qanunya pindah ke pariwisata, tapi kan masih tetap di Dikjar Kebudayaan itu,” katanya.

Syarifuddin memperkirakan anggaran yang dibutuhkan lebih Rp 1 miliar. Ia merincikan, harga satu baju bermotif kerawang Gayo Lues saja Rp 100 ribu per unit jika dikali 10.000 penari maka akan menelan anggaran Rp 1 miliar. “Itu belum lagi biaya lain-lain, seperti konsumsi dan transportasi dan sebagainya,” lanjut Syarifuddin.

Sebelumnya pada tahun 2014, Pemkab Gayo Lues berhasil menggelar tari samam massal dengan 5.057 penari di stadion Negeri Seribu Bukit. Even tersebut berhasil memecahkan rekor muri, dan sekaligus mendapatkan piagam penari saman terbanyak di seluruh dunia.

Sebagaimana diketahui, tari samam asal Gayo Lues telah diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia tak benda. Kini tari saman tidak hanya dimainkan oleh masyarakat Gayo dan Aceh saja, tapi juga diajarkan di sekolah-sekolah secara nasional, bahkan di sanggar-sanggar tari di berbagai belahan dunia. [Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *